...........ุจِุณْู…ِ ุงู„ู„ู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…ٰู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠْู…ِ................... ุงู„ุณّู„ุงู… ุนู„ูŠฺฉู… ูˆ ุฑุญู…ุฉุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑฺฉุฉ...........SELAMAT DATANG DI BLOG ANAK RANTAU LOMBOK - ARL™2012

Rabu, 29 Maret 2017

Ungkapan Perasaan ๐ŸŒน๐ŸŒท Cinta ๐Ÿ˜˜๐Ÿ’ž dalam Bahasa Sasak Lombok beserta Terjemahan

Aku Cinta kamu
Tiang demen eleq side
Kamu suka sama saya??
Side demen eleq tiang??
Aku sadar aku tak sempurna tetapi kau menyempurnakan ku dengan cinta mu
Tiang sadar tiang ndek sempurne laguq side siq sempurnean tiang kadu cinte side
jika mencintaimu dimulai dengan senyuman akan kuakhiri dengan sebuah pernikahan .
Lamun mencintai side teawalan isiq kemosan jaq tiang akhiri kadu sopoq pernikahan .
tak perlu kamu mencari lagi dimana tulang rusukmu, aku disini yang menjadi tulang rusukmu
Ndek de perlu boyaq leq mbe taok tolang rusuk de, tiang leq te siq jari tolang rusuk de
Lelah ini hanyalah sebuah gambaran dari sebuah perjuangan, untuk kebahagiaan kita!
Lelah ni hanyelah sopoq gambaran lekan sopoq perjuangan,  untuk kebahagiaan te!
aku gak mungkin bisa membaca pikiranmu, tapi satu yg bisa kulakukan:
mencintaimu dengan segenap hatiku
Tiang ndek mungkin bau bace pikiran de, laguq sopoq siq tao tiang lakuan, cintai side kadu selapuq angen tiang
ketika kau mencintainya dan kau hanya mendapat hujan, cintailah aku sebagai pelangi mu
Waktu side mencintai ne dait side hanye mauq ujan, cintailah tiang jari pelangi  side
jika aku selalu membuatmu kesal berikanlah aku waktu untuk membahagiakan mu walaupun hanya sebentar
Lamun tiang kereng piaq side gedek beng tiang waktu kadu bahagiaan side timakne semendaq
Aku akan tetap menjaga indahnya cinta kita meski suatu saat pelangi tak lagi sanggup menjaga indahnya goresan warnanya
Tiang jaq tetep jage solahne cinte  ite timakne suatu saat pelangi ndรฉk ne sanggup ampoq jagaq solahne goresan warnene
Cinta adalah berbagi. Karena walau ada di dua raga, setiap pasangan hanya memiliki satu hati
Cinte  adalah bebagi. Sengaq timakne araq leq due rage, setiep pasangan hanye bedoe sopoq angen
Aku pasrahkan cintaku untukmu pada Yang Kuasa, meski dengan tangis kau ku lepaskan, hanya demi kebahagiaanmu.. 
Tiang pasrahan cinte tiang tipaq side eleq saq Kuase, timaq kadu tangis  side tiang lepasan, hanye demi kebahagiaan de..
Tak perlu menunggu ucapan cinta darimu, perhatian mu dan senyummu sudah cukup membuat ku tau, kau mencintaiku 
Ndek perlu antih ucapan cinte lekan side, perhatian de dait kemosan de uwah cukup piaq tiang taoq, side demen le tiang
Aku selalu berusaha mencintai segala kekuranganmu. Bukankah memang itu yg seharusnya?
Tiang selalu berusehe demen leq selapuk kekurangan de. Ndek ne ape menu seharusne?
Cukup kau katakan pada semua orang, bahwa yang tulus mencintaimu hanya aku!
Cukup side kocapan leq selapuk dengan, bahwe siq tulus demen eleq side hanye tiang!
Saat kita jauh, sebenarnya hanya raga kita yang jauh. Namun hati kita selalu dekat, karena hatiku ada di hatimu. 
Saat ite jaoq, sebenerne hanye rage ite siq jaoq. Laguq angen ite selalu rapet, sengaq aten tiang araq leq aten side
Waktu yang mempertemukan kita , Waktu yg membuktikan besarnya cinta kita untuk bersama
Waktu siq bedaitan ite, waktu siq buktian belekne cinte ite untuk beriuk-riuk
Tak banyak kata yang bisa kuberi. Cukup kau tatap mataku dan lihat senyumku, berjuta cinta bermuara disana.
Ndek luek raos siq bau tiang beng. Cukup side seriok mate tiang dait seriok kemosan tiang,  berjute cinte bermuara leq to
Ketika aku tak berada di samping mu, bukan berarti aku tidak bersamamu, ingat hatiku selalu bersamamu
Saat tiang ndek araq leq samping de, ndek berarti tiang ndek kance side, inget angen tiang selalu kance side
Haiiii pemirsaaaahh jangann terlalu seriuusss...!!! santai aja, yuukk lanjutt...
Mencintaimu, membuat air mataku tak mudah jatuh.
Mencintai side, piaq aiq mate tiang sengke teriq


Bila waktu tak izinkan kita terus bersama maka izinkan aku untuk terus menyimpanmu di dalam hatiku..
Lamun waktu ndek ijinan ite trus beriuk, ijinan tiang untuk trus simpen side leq dalem angen tiang..
Teruslah berlari. Tapi jika kau lelah, tengoklah ke belakang. Ada aku yg selalu menantimu.
Trus pelai. Laguq lamun side lelah, seriok andang mudi. Araq tiang siq selalu antih side.
Sesakit apapun kau menyakitiku, aku masih mencintaimu dan masih setia menunggumu disini
Sesakit apepun side sakitan tiang, tiang maseh demenan side dait maseh setie antih side leq te
Aku disini cintaimu hingga akhir hidupku, walau air mata tak tertutup senyumku.. tetap terukir namamu.
Tiang leq te cintai side sampe ahir idup tiang, timaq aiq mate ndek tetutup kemosan tiang.... tetep teukir name side.
Mendengarkanmu adalah caraku mencintaimu. Sederhana tapi tidak sesederhana itu.
Dengahan side adalah caren tiang cinte leq side. Sederhane laguq ndek sesederhane mnu.
Aku ingin bertemu denganmu. merasakan bahagia bersamamu sebelum berpisah. sebentar saja.
Tiang mele bedait kance side. Ngerasaq bahagie kance side se-ndekman bepisah, semendaq doang.
Mungkin aku bukan yang terbaik bagimu, tapi yakinlah akan ketulusanku. Karena bagiku, mencintaimu adalah bahagiaku.
Mungkin tiang ndek siq paling baik bagi side,  laguq yakin eleq ketulusan tiang. Sengaq bagi tiang, demenan side adalah bahagie tiang.
________________ __________
Sekian juluk lemak ampok nggih, mohon maaf  lamun arak salaq" raos,
NB: ini bahasa sasak Lombok Barat. Lombok Timur, Tengah,  dan utara beda" sedikit 
Link Gambar BBM/FB bhs Lombok
Ndak Lupaq LIKE, KOMEN KANCE SHARE nggiihhh matur tampiasih!!! 

109 komentar:

  1. Balasan
    1. Sugun juluk tyg semendak apa arti nya bang ke bahasa Indonesia

      Hapus
  2. sama2....terimaksih kmbali telah berkunjung :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Min, bahasa sasaknya sayang apa sih? Nyol?

      Hapus
    2. Bahasa sasaknya sama seperti bahasa Indonesia,,, klo NYOL itu gak ada dlm bhs sasak, mgkin ada kalimatnya?

      Hapus
    3. Min mau tanya ada di facebook, cewek bilang aku sayang cd uah,, saya tanya ke cewek itu apa artiny dia bilang cari sendiri, sedangan saya gak ada kawan orang lombok dan gak ngerti juga bahasa lombok

      Hapus
    4. *aku sayang cd wah
      ✓pokoknya aku mencintaimu sudah..
      cd: side/kamu wah: sudah
      .**kalo buat komen usahakan yg terbaru, jangan dibalasan .. biar gampang nyari๐Ÿ™๐Ÿ™

      Hapus
  3. Terima kasih sangat membantu bahasanya

    BalasHapus
  4. Nggih pade" matur tampiasih sampun hadir....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas saya mau tanya kalau kata "aduh"/"waduh" dalam bahasa Lombok itu apa ?

      Hapus
    2. Bang apa arti ke bahsa Indonesia bang
      Sugun juluk tyg semendak

      Hapus
    3. *keluar dulu sebentar...
      (Maaf , klo buat komentar.. buat baru, jangan dibalasan)

      Hapus
  5. Artinya iren jak ite hamba tereek ? Dan puntik arak 3 ?? Mohon saya dibantu ?? Makasih sebelomnya ๐Ÿ™๐Ÿค

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bkn iren tapi "aren". Aren/aran ite hamba terek? = namanya jg kita hamba tiri(terek=tiri: anak tiri), ++puntik arak 3= pisang ada 3

      Hapus
  6. Makasih krn ini Aku bisa kenal dgn gadis sandik๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. Mas saya mau tanya kalau kata "aduh"/"waduh" dalam bahasa Lombok itu apa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf bru jwb:
      Aduh/waduh?? Dlm bhs lombok sama saja mungkin tergantung kalimat/kondisi pngucapan saat itu sprti
      1. Aduh sakit skali: aduh sakit gatii..
      2. Waduh lupa saya : waduh lupaq tiang/ aneeh lupaq tiang..

      Hapus
    2. Aduh sama waduh kayak bahasa Indonesia penggunaanya

      Hapus
  9. Bahasa sasak aku juga cinta kamu, apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga cinta kamu:
      -tiang endah(juga) mele/cinte(suka/cinta) leq side
      -tiang masih(juga) demen/cinte(suka/cinta) leq side

      Hapus
    2. Pake yg mana saja bisa, karna intinya/artinya sama
      *tiang(aku bhs alus sasak)
      -tiang mele masih leq side
      -tiang demen endah/masih leq side
      (note: ini bhs.sasak Lombok barat & matatam) bisa sama bisa juga berbeda sdkit dg Lombok Timur,tengah &utara

      Hapus
    3. Artinya than yeu apa bang?

      Hapus
    4. Mungkin mksudnya tankyou???
      Karena setau sy itu gak ada d bhs.Lombok
      Tks๐Ÿ˜Š

      Hapus
  10. Kalau sapaan nang artinya apa ya dan oam ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya sprt bgmn?? Cth kalimatnya???
      *apa ya : apee aah..
      *oam?? (Nguap)

      Hapus
  11. Kalau sapaan nang artinya apa ya dan oam ??

    BalasHapus
  12. ini bahasa lombok halus apa kasar om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahasa Sasak sehari" tepatnya....
      Ini bahasa sasak Lombok sehari", dan di post diatas tidak ada bahasa kasar...tks

      Hapus
  13. terimakasih banyak telah membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sma" senang bsa mmbantu..๐Ÿ™๐Ÿ˜‚

      Hapus
  14. Mas apa arti nya: kmben jarinm demen lek aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. √kembekn jarinm demen leq aku
      =>kenapa kamu skrg jd suka sama sy

      maaf bru jwb ๐Ÿ™

      Hapus
  15. Aok aku berangen lek side, itu artinya apa ya ?? Krna saya org jawa hehehe jadi gak paham

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf bru bls๐Ÿ™
      "Aok aku berangen lek side"
      ☞"Ya sy suka sama km" atau
      ☞"Ya sy ada perasaan sm km"

      Hapus
  16. Kos sang laun maukm begendakan . Bantu jawab Donk. Trimakasih

    BalasHapus
  17. ๐Ÿ“ฒKos sang Laun maukm begendakan
    ๐Ÿ”žmungkin nanti di kos dpt pacaran..๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    BalasHapus
  18. Kalo arti ndeku kini berangen,cinta tepak dengan selain side apa bang,mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ๐ŸŒนndeku kini berangen,cinta tepak dengan selain side๐ŸŒน
      Bahasa sasak yg di atas BENAR, tapi Tepatnya begini kalo bhs.sasaknya biar mudah dimengerti
      ☞ "NDEKKU INIK BERANGEN CINTA TIPAQ DENGAN SELAIN SIDE"
      artinya:
      ♥SAYA TIDAK BISA MENCINTAI ORANG SELAIN KAMU♥

      Tks tlah brkunjung...๐Ÿ˜Š

      Hapus
    2. Aku mencintaimu selalu bahasa Lombok nya apa kak

      Hapus
    3. tiang selalu cinte leq side.../
      tiang cinte leq side sampai erak(selamanya)

      Hapus
  19. Iyahh kak, aku mau tanya kalau arti bahasa lombok. Ku sik baju biru ca. Itu apa artiNya kak. Serius nanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. *Ku sik baju biru ca ☞ Aku yg pake baju biru ca..

      Hapus
  20. Onek jk ndek, , pa arti ny kk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Onek jaq ndek ☞ tadi kenapa tidak! Atau *tadi koq gak!

      Hapus
  21. Mas kalo...kau marah kah sama aku sayang...apa mas bahsabyh

    BalasHapus
    Balasan
    1. *kau marahkah sama aku sayang..?
      ♥side gedek jarin leq tiang sayang..?

      Hapus
  22. Kalo luek raos itu apa artinya

    BalasHapus
  23. Bos mau nanyak kalo ngucapin
    Selamat pagi penyemangat q itu gimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf, dalam bhs Lombok kalimat seperti itu jarang digunakan bahkan sama skali tidak pernah sy dengar.. tapi kalo utk ucapan sprti itu bisa menggunakan kalimat dibawah :
      ๐ŸฅฐSlamat pagi ariq' si solah inges... [lanjut], uwah de nyampah..??
      ๐Ÿ‘‰ Selamat pagi adikku yg cantikk.. [lanjut basa basi], sudah sarapan..??

      ๐Ÿ™๐Ÿ™tks

      Hapus
  24. Balasan
    1. Ndak arak ones(onos) ku..
      *gak ada bekas ku..
      (Mngkin ada kalimat jelasnya lgi)

      Nb :
      Araq : ada
      Onos : bekas..

      Hapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Jujur ndk bani....laun muk ite sak mame tsaeng siq nine,mmg loeq bukti ne arik,ah segrah
    Maaf apa itu artinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. *Jujur ndk bani....laun muk ite sak mame tsaeng siq nine,mmg loeq bukti ne arik,ah segrah
      Maaf apa itu artinya?
      ✓terus terang sy tdk berani... nanti sy yg laki2 diceraikan sama perempuan, memang sdh banyak buktinya adik..

      Hapus
  28. "haduh diam merasa paling tersakiti,bergerak ngegosipin dari belakang"maaf kak translate ke bhsa sasak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. *haduh diam merasa paling tersakiti,bergerak ngegosipin dari belakang"maaf kak translate ke bhsa sasak.
      ✓aduh tedoq jaq merase paling tesakitan, nguit bgosip lekan mudi(raosan dengan leq mudi/gosip)

      Hapus
  29. Bahasa lombok iya sayang ku apa kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. *iya sayang ku
      ✓Aok sayangku
      ✓Nggih sayangku

      Hapus
  30. Selamat malam sayangku,selamat beristirahat jangan lupa mkan dan sholat yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. *Selamat malam sayangku,selamat beristirahat jangan lupa mkan dan sholat yaa..
      ✓Selamat malem sayang/adiq inges solah(cewek)/kakaq solah(cowok),selamat beristirahat ndaq lupaq mangan(bahasa halus "ngelor") dait sembayang nggih...

      Hapus
  31. Hati" di jalan bahasa lombok nya apa kak

    BalasHapus
  32. Asalamualaikum kak artikan dalam bahasa lombok sasak ya..
    "5 jam akan terasa menjadi 5 menit jika bersama orang yang tepat"

    BalasHapus
    Balasan
    1. *"5 jam akan terasa menjadi 5 menit jika bersama orang yang tepat(yg kita sukai/bagus)"
      ✓5(Lime) jam maraq idap 5 menit lamun kance/(atau "bareng") dengan siq tepat(bagus/solah/demenan/senengan te).

      ๐Ÿ™

      Hapus
  33. Kak mohon di translet kan ke bahasa lombok .
    "Mungkin cuma bisa melihat dari jauh tanpa bisa memiliki. Makanya itu aku takut yg tdinya timbul sayang malah mnjadi di tinggalkan . "

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak mohon di translet kan ke bahasa lombok .
      "Mungkin cuma bisa melihat dari jauh tanpa bisa memiliki. Makanya itu aku takut yg tdinya timbul sayang malah mnjadi di tinggalkan . "

      ✓mungkin cume bau siq ke gitaq lekan jaok tanpa harus memiliki(ngepean). Sengaq nu aku takut, barukne dateng rase sayang malah tebilin jarin.

      Hapus
  34. Kk mohon translate

    Yank lakoqn aku singgaq kepeng isiq InakN dodiy laguq knyke laloq KO sepi wiq ndeq araq bae mauqn Kaye, Mudahan ne saq tetap dalam lindungan Allah Ta'ala yank kangen k. Ndeq e bani yaq Beng k kabar e Manan sekali syg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yank lakoqn aku singgaq kepeng isiq InakN dodiy laguq knyke laloq KO sepi wiq ndeq araq bae mauqn Kaye, Mudahan ne saq tetap dalam lindungan Allah Ta'ala yank kangen k. Ndeq e bani yaq Beng k kabar e Manan sekali syg

      ✓sayang ibunya dodiy minta pinjam uang, tapi sekarang lagi sepi sekali. kemarin aja gak dapat apa2, Semoga tetap dalam lindungan Allah SWT. Sayang aku kangen, sesekali kabarin aku sayang.

      Hapus
  35. Kk bisa bantu lagi translate ?

    Sebulan bulan k aran lelah angenang yank,,ndeq k wah araq tao solah penirem k siq k kangen mo,,mbe aran yaq KO nta saq mni laloq idap ate angen ko yank. Segerahn aran yaq ndeq bdoe perasaan majikan ne yank mana2 yaq tizinang sekedar saling kabarin langan sms chat . Uleq oke yank lelah k angenang Mo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebulan bulan k aran lelah angenang yank,,ndeq k wah araq tao solah penirem k siq k kangen mo,,mbe aran yaq KO nta saq mni laloq idap ate angen ko yank. Segerahn aran yaq ndeq bdoe perasaan majikan ne yank mana2 yaq tizinang sekedar saling kabarin langan sms chat . Uleq oke yank lelah k angenang Mo

      ✓berbulan-bulan aku merindukanmu sayang.. tidurku tidak enak karena merindukanmu yang..mau gimana lagi caranya kok begini sekali perasaan ku yang. masa majikan mu gk punya sedikit perasaan ya paling mengizinkan utk bertukar kabar melalui chat sms. pulang ya sayang lelah aku memikirkan mu..

      Hapus
  36. Nddk q taok bae artinya ap sih

    BalasHapus
  37. Halo mau tau dong arti cerbik itu apa ya? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. haii๐Ÿ‘‹.. maaf sy jelaskan sdikit, kalo kurang tepat mungkin nanti ada yg betulkan....
      *cerbik itu biasanya candaan/ejekan untuk mengatakan bibir seseorang sperti bibirnya dower, bibirnya besar/kecil. intinya mengatakan sesuatu tentang bibir/mulut. sama kaya istilah hidungmu mancung, pesek dan sebagainya. nah kata cerbik itu seperti itu penggunaan nya..
      cth:
      - cerbik biwehne.. bibirmu dower/besar/kecil(tergantung kondisi saat itu)..

      Hapus
  38. Bahsan lomboknya sayang betul sm kmu Jan pergi ya

    BalasHapus
  39. Bahasa lomboknya maukah kau menikah denganku?

    BalasHapus
  40. Aok tetung ku artinya apa kak?

    BalasHapus
  41. Kak arti dari nyenger senine laun itu apa ya arti nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyenger tu sama kaya minder/malu/ bisa juga kapok
      *Nyenger senine lain : nanti istrimu minder
      (Tergantung sikon saat itu)

      Hapus
  42. Kalo bahasa lombok nyaSide doang gamak taok angek kaka ndrk sk lain ini apa ya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Side doang gamak taok angen kaka ndrk sk lain
      ✓perasaanku hanya untuk mu, tidak ada yg lain slain kamu

      Hapus
  43. Brembe ruen apa ya arti nya

    BalasHapus
  44. Kenapa kamu mengecewakanku dlm bahasa lombok bgmna

    BalasHapus
    Balasan
    1. *Makaq de kecewean tiang .??? Atau
      *Ye kembeq side kecewean tiang..??

      Hapus
  45. aok wh kh mbe mele epe wh
    artinya apaaa?

    BalasHapus
  46. Saya lagi suka sm org Mataram Lombok mind semoga bs berjodoh ๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  47. Min kalo ini apa artinya
    "Aoq uwah aneh ndeqke taon epe yaq ke muni malik"

    BalasHapus