...........بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ................... السّلام عليکم و رحمةالله وبرکة...........SELAMAT DATANG DI BLOG ANAK RANTAU LOMBOK - ARL™2012

Kamis, 24 September 2020

Makanan Khas LOMBOK SASAK tulen

Haii.. Sobat, kita berjumpa lagi
Kali ini saya akan membeikan beberapa informasi Makanan Khas dari Pulau Tercinta saya ini yaitu Pulau Lombok...
Kita mengetaui bahawa Negara Indonesia Tercinta ini mempunyai potensi wisata yang kaya dan beragam dari ujung barat hingga timur Sabang samapai Merauke, dan Lombok adalah salah satu surga dunia yang bisa ditemukan di Indonesia Tercinta ini, kita sudah pasti tau beberapa Film Layar lebar Indonesia di Syuting di Pulau Lombok :) :) ... Pulau Lombok hampir tak pernah absen dalam daftar kunjungan setiap pelancong yang merencanakan melakukan perjalanan untuk memanjakan diri dan memadu kasih dengan keindahan alamnya.
Selain terkenal dengan wisata alam dan budayanya, Lombok juga dikenal akan makanan khas yang hampir semua bercita rasa pedas dan berbumbu rempah yang diracik khusus agar menciptakan keunikan khas penduduk Lombok. Jika kamu mempunyai rencana untuk datang ke Lombok jangan lupa untuk mencoba menyantap beberapa makanan khas dari Lombok -NTB ini...diantaranya...

1. Sambel Beberuk(Beberoq) Terong/Terong Rusuq dalam bahasa Lombok

¶Pertama, kamu harus memcoba Sambel beberuk terong atau biasa juga disebut "Terong Rusuq". Terong yang biasanya dianggap sebagai sayuran remeh oleh sebagian orang diperlakukan bagaikan primadona di tanah Lombok. Terong diolah menjadi lalapan khas Lombok yang bisa menjadi pendamping santap nasi dan lauk utamanya. Seperti yang dikatakan sebelumnya, makanan khas Lombok ini juga mempunyai cita rasa yang pedas menyegarkan.
Beberuk terong dibuat dari terong gelantik [bentuknya bulat kecil dan warnanya putih keunguan] yang mempunyai tekstur renyah dan rasanya yg enak dan tidak  sepet. Terong biasanya tidak hadir sendirian melainkan terdapat pula kacang panjang (dlm bhs lombok dsbut ANTAP) yang kemudian disiram dengan sambal tomat bawang. Rasa pedas yang dihasilkan dari sambal  tidak begitu menyiksa lidah. Hal ini juga disebabkan adanya paduan rasa manis dan asam berkat penggunaan bumbu lain di dalamnya.
untuk para pelancong apabila ingin mencoba makanan khas yang satu ini harus merogoh kantong kisaran 5rb-30rb/porsi



2. Sate Pencok
Dikutip dari berbagai situs, ada dua penjelasan mengenai makanan khas Lombok ini. Pertama, disebutkan bahwasanya pencok adalah sagu [makanan pokok penduduk Indonesia di bagian timur, semisal papua ] yang diolah sedemikian rupa untuk kemudian dijajakan di pasar tradisional sebagai camilan atau ditusuk menjadi sate yang sebelumnya dipotong bentuk dadu.
Sementara disebutkan pula dalam situs lain kalau sate pencok terbuat dari kulit sapi atau adonan tepung kanji. Pemilihan tepung kaji sebagai bahan utamanya bertujuan untuk mengurangi biaya produksi. Adonan yang sudah kental kemudian dibentuk persegi yang kemudian ditusuk dengan lidi atau batang bambu kecil [masyarakat Lombok menamakannya dengan katik(lidi/stik)]. Biasanya sate pencok dimakan bersama bumbu pelalah. Penjual sate pencok di Lombok cukup banyak, biasanya dengan berkeliling.untuk para pelancong apabila ingin mencoba makanan khas yang satu ini harus merogoh kantong kisaran 10rb-50rb /porsi


3. Ayam Taliwang
Untuk yang satu ini, bisa dibilang hanya sedikit masyarakat Indonesia yang belum pernah mendengarnya. Ayam taliwang memang menjadi salah satu dari sekian banyak makanan khas Lombok yang paling terkenal di Indonesia. Di Lombok, hampir seluruh restoran atau rumah makan yang berdiri menyajikan menu ini. Bahkan, bisa dibilang kalau antara satu dengan yang lain saling berlomba untuk mendapatkan posisi terbaik di hati pelanggannya.
Ayam taliwang mempunyai banyak jenis, ada ayam taliwang pedas manis, sambal lima, pelecingan, bakar kecap, bakar madu, goreng asam, dan goreng biasa. Penyajian ayam taliwang biasa dilakukan ditemani nasi dan sahabat terbaiknya yakni pelecing kangkung yang dikombinasikan dengan tauge, kacang tanah, parutan kelapa, dan sambal.untuk para pelancong apabila ingin mencoba makanan khas yang satu ini harus merogoh kantong kisaran 35rb-300rb /porsi


4. Sayur Ares

Makanan khas Lombok berbentuk sayuran yang bisa menandingi kelezatan makanan lain berbahan dasar sayur ares. Apa itu sayur ares? Sayur ares adalah sayuran khas Lombok yang menggunakan bahan dasar bernama gedebong ares(pohong pisang yg diambil batangnya paling dalam/muda yg belum berbuah). Ares sendiri merujuk pada pelepah pisang atau gedebong pisang yang masih muda. Ares yang sudah dipilih kemudian diolah bersama kuah yang terbuat dari santan.
Sayur ares mempunyai cita rasa yang gurih dari hasil penggunaan santan yang berpadu dengan bumbu rempah menyerupai kari seperti ketumbar, bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, kunyit, lengkuas, dan jintan. Untuk memperkaya sajian, biasanya masyarakat Lombok menambahkan daging ke dalamnya. Sebagai informasi, sayur ares dahulu menjadi makanan tradisional Suku Sasan [suku mayoritas di Lombok] yang dijadikan hidangan saat acara makan-makan setelah berlangsungnya pernikahan. Dan sampai saat ini makanan ares masih kita jumpai pada setiap acara di Lombok. Seperti acara Pernikahan/nyongkolan, Maulid Nabi, Acara Rowah/Tahlilan(meminta doa ketika ada orang meninggal) dsb.


5. Bebalung
Bebalung oleh masyarakat Lombok dianggap sebagai makanan penambah tenaga dan penumbuh vitalitas. Penggunaan makna tersebut merupakan arti dari istilah bebalung yang dalam bahasa Sasak berarti tenaga. Makanan khas Lombok ini secara tampilan mirip dengan gulai atau soto daging. Bebalung biasanya terbuat dari tulang iga sapi sehingga dinamakan bebalung sapi.
Selain pakai iga sapi, bebalung juga bisa menggunakan iga kerbau yang kemudian diracik bersama bumbu halus berupa cabai rawit, lengkuas, kunyit, jahe, bawang merah, dan bawang putih. Oleh masyarakat Sasak, bumbu semacam itu disebut sebagai ragi rajang. Setelah bumbu menyatu dalam tulang iga, bebalung sapi sudah bisa disantap. Bebalung paling enak dihidangkan saat masih hangat. Biasanya penyajian bebalung dilakukan dalam mangkok ditemani nasi putih, plecing, dan sambal.untuk para pelancong apabila ingin mencoba makanan khas yang satu ini harus merogoh kantong kisaran 15rb-100rb /porsi


6. Sate Bulayak
Menu sate asal Lombok yang tak kalah enak dari sate pencok adalah sate bulayak. Jika kamu masih asing dengan makanan khas pulau Lombok ini, mari sejenak berkenalan dengannya. Sate bulayak adalah hidangan sate yang menggunakan daging ayam, jeroan, dan daging sapi sebagai bahan utama yang ditusuk hingga berbentuk sate. Dari tampilan satenya memang tak jauh berbeda dengan sate-date di daerah lain.
Yang berbeda dari makanan ini adalah bulayaknya. Bulayak sendiri merujuk pada lontong yang dililit dengan daun aren atau enau. Ukuran bulayak lebih kecil dari lontong pada umumnya. Bulayak mempunyai tekstur yang lembut dengan cita rasa yang gurih. Biasanya bulayak dimakan langsung bersama sate yang sudah dibumbu dengan bumbu kacang yang berasal dari kacang tanah yang disangrai, ditumbuk, kemudian direbus bersama santan serta bumbu rempah lain sehingga menciptakan rasa yang pedas.kuliner satu ini mudah dijumpai di kota2 besar seperti di Kota Mataram. Di Taman Udayana(dekat bandara lama, Selaparang Airport).untuk para pelancong apabila ingin mencoba makanan khas yang satu ini harus merogoh kantong kisaran 15rb-50rb /porsi


7. Bantal Pisang/Kacang merah

Bantal adalah makanan khas Lombok Timur berupa kue yang dibuat dari ketan. Jajanan tradisional ini dinamai bantal karena mempunyai bentuk yang mirip dengan bantal tidur . Warga Lombok biasa membuat kue bantal sebagai menu berbuka puasa atau dijadikan camilan untuk menemani diri saat tadarus Al-Qur’an. 

Kue bantal dibuat dari ketan yang ditambahi pisang/kacang merah dan kemudian dibungkus untuk dimasak ke dalam panci berisikan air panas. Sebelum dimasak, adonan kue bantal dibentuk menggunakan cetakan dari daun aren yang berbentuk kubus. Jika ingin mencoba jajanan yang satu ini, anda dapat menemukan hanya di kawasan Lombok Timur tepatnya sekitaran kota Masbagik, anjani, dsb.untuk para pelancong apabila ingin mencoba makanan khas yang satu ini harus merogoh kantong kisaran 5rb-20rb/ikat(10bj)

8. Sate Rembiga
Selain sate pencok, sate bulayak, Lombok juga masih mempunyai kuliner berjenis sate yang dinamai sate rembiga. Rembiga yang tersemat pada urutan akhir dari nama makanan ini merujuk pada nama jalan yang berada di Mataram, Lombok. Salah satu warung sate rembiga yang terkenal adalah milik ibu Sinnaseh yang berlokasi di Jl. Rembiga No. 4, Mataram, Lombok. Warung sate ibu Sinnaseh hampir setiap hari ramai dikunjungi oleh penduduk dan wistawan lokal maupun penduduk asing.
Sate rembiga sendiri menjadi kuliner yang mengenalkan kepada semua orang kalau Mataram adalah salah satu daerah yang terkenal akan ternak sapinya yang banyak. Daging yang dipilih untuk sate rembiga adalah daging sapi yang sebelum ditusuk dan dipanggang harus ditumbuk terlebih dahulu agar empuk. Setelah empuk, daging harus direndam ke dalam bumbu-bumbu khusus selama dua jam beru kemudian dibakar. Sate rembiga yang siap santap biasanya disajikan bersama bulayak.


9. Poteng Jaje Tujak
Poteng jaje tujak jika diubah ke dalam bahasa Indonesia berarti tape jajan tumbuk. Makanan khas Lombok ini merupakan hidangan berbahan utama tape yang biasa dijadikan santapan lebaran dan Maulid Nabi. Poteng jaje tujak adalah makanan ringan yang terbuat dari campuran dua bahan utama. Selain tape, ada juga bahan lain berupa ketan putih yang setelah jadi akan tampak lebih mencolok daripada tapenya. Para pelancong mungkin agak susah menemukan kuliner ini, karena pembuatannya biasa pada Bulan Ramadhan dan acara acara tertentu.


10. Plecing Kangkung
Plecing kangkung adalah makanan khas Lombok berjenis sayuran yang biasa dihidangkan bersama lauk utama dan nasi atau kehadirannya antara lain sebagai menu pendamping dan pelengkap. Sesuai namanya, makanan ini terdiri dari kangkung sebagai bahan utamanya yang direbus dan disajikan saat sudah dingin bersama sambal tomat. Biasanya plecing kangkung dijadikan menu pendamping makan ayam taliwang.

Selain kangkung, ada juga bahan lain yang turut meramaikan isian plecing seperti tauge, kacang panjang, dan kacang tanah goreng. Kemudian untuk kangkungnya sendiri adalah kangkung air yang ditanam di sungai dengan metode pengaliran tertentu sehingga menghasilkan kangkung dengan batangan yang besar dan renyah. Tentunya, kangkung yang dipilih juga harus berkualitas dan tidak lazim dengan kandkung di Pulau Jawa.kuliner ini adalah kuliner juara no.1 karena murah dan enak pedaaassnya ,untuk para pelancong apabila ingin mencoba makanan khas yang satu ini harus merogoh kantong kisaran 7rb-20rb/porsi


11. Nasi Puyung
Nasi puyung begitu familiar di Nusa Tenggara Barat, hampir setiap penduduknya mengenal makanan khas Lombok ini. Puyung pada nama makanan ini merujuk pada daerah asalnya, yakni kampung Puyung yang berada di bagian Lombok Tengah.
Nasi puyung kini sudah menjamur hingga ke pusat kota semisal Mataram. Makanan ini biasa disajikan dengan menggunakan alas daun pisang. Keistimewaannya terletak pada lauk pauknya yang beragam, seperti sambal, kedelai goreng, dan suwiran daging ayam yang ditambah taburan kelapa parut. Nasi puyung mempunyai cita rasa yang sangat pedas. Saking pedasnya bahkan ada yang sampai menyerah untuk melanjutkan makannya hingga habis.🥰🤪😵

Mungkin ini saja makanan khas dari Lombok yang bisa saya sampaikan dari sekian Banyaaak makanan khasnya..wkwkwk..
Cukup sekian dulu sobat,....mau istirahat... :)

nb: gambar bisa saja memiliki hak cipta
sumber gambar : GOOGLE 🙏🙏

Tidak ada komentar:

Posting Komentar